Contoh Makalah Mengoperasikan Perangkat Lunak

January 26, 2013




MAKALAH
MENGOPERASIKAN APLIKASI
PERANGKAT LUNAK
(APL)

­­
Disusun Oleh :

  1. Wwwwwwwwww
  2. Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
  3. dddddddddddddddddd



SMK ( Di isi Sendiri )
Tahun Pelajaran 20xx/20xx



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena atas berkat dan limpahan RahmatNyalah maka kami bisa  menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu.
Berikut ini kami mempersembahkan sebuah makalah dengan judul “Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak”, yang menurut kamidapat  memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk belajar tentang tekhnologi. Melalui kata pengantar ini kami terlebih dahulu kami meminta maaf  jika isi makalah ini masih jauh dari kata sempurna . oleh karena saran kritik yang membangun akan kami terima agar makalah ini bisa menjadi lebih baik.
Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi penulis serta bagi orang yang membaca.




                                                                                                            Penyusun









            


DAFTAR ISI

                                                                                                                            Halaman
HALAMAN JUDUL………………………………………………………............ i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii         
BAB I  PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK.................................................... 1
            A. Pengertian Perangkat Lunak........................................................................ 1
B. Jenis – jenis Software Perangkat lunak......................................................... 1
BAB II JENIS/KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK.............................. ........ 4
A. Klasifikasi Perangkat Lunak............................................................... ........ 4
BAB III SEJARAH PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK............. ........ 7
A. Sejarah Perangkat Lunak............................................................................ 7
B. Perangkat Lunak Semasa Komputer Generasi Pertama................................ 8
C. Sejarah Sistem Operasi Perangkat Lunak.................................................... 8
D.Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi.......................................... 9
E. Perkembangan Perangkat Lunak Aplikasi.................................................... 11

 BAB I
PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK

A.    Pengertian Prangkat Lunak
Dalam dunia teknologi informasi kita sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu? Ada yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pengertian dari software silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
B.     Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
Software berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software)
Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.



Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.










BAB II
JENIS / KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK

A.    Klasifikasi Perangkat Lunak
Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dapat dibagi menjadi 2 golongan , yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1.      Perangkat Lunak Sistem
perangkat lunak sistem atau system softwarebiasa di sebut operasi sistem / operating systemmerupakan perangkat lunak  yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, sperti CPU dan piranti masukkan atau keluaran. Perangkat lunak ini adalah perantara antara perangkat lunak aplikasi dengan perangkat keras komputer. contoh perangkat lunak system yaitu Microsoft Word, Linux, Machintos, FreeBSD, dll
2. Perangkat Lunak Aplikasi
perangkat lunak aplikasi atau application software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari manusia yang spesifik misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi foto , dll. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian yaitu : 
o   Word Processing
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan kata yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat Contoh : MSword, Amipro, Word Percfect
o   Spreadsheet
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan angka yang berhubungan dengan laporan perhitungan, grafik, dll. Contoh : MSexcel, Lotus123, Symphony
o   Database
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan data contoh : dBase, Fox Base, MSacces,dll

o   Perangkat Lunak Presentasi
Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah suatu data agar sia dipresentasikan ke dalam suatu proses pembelajaran atau seminar
contoh : MSpowerpoint, OpenOffice.org Impress, dll
o   Perangkat Lunak Multi Media
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio. Kemudian RealPlayer,Xing,Totem atau Jet Audio dapat digunakan untuk menonton film atau VCD
o   Perangkat Lunak Komunikasi dan Internet
Aplikasi ini digunakan untuk melakukan konikasi antara 2 komputer atau lebih, contohnya LapLink, PC Anywhere, dll. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah browsing, email, chatting, messenger seperti : Internet Explorer, Mozilla Firefox,Opera, MIRC, MSN, dll
o   Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus diantaranya membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD, Protel, Matlab, dll
o   Perangkat Lunak Untlity
Perangkat lunak ini digunakan untuk memaskimalkan kinerja perangkat keras dan sistem operasi komputer, serta melindungi komputer dari dampak negatif aplikasi komputer seperti virus, spam, dll.
Contohnya antivirus, K3B, untuk menulis data ke CD atau DVD
o   Perangkat Lunak Pemograman
Perangkat lunak ini merupakan suatu perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat perangkat lunak aplikasi baru. Pemakai aplikasi ini adalah user khusus yang memang menguasai aplikasi pemograman
Contoh : Visual Basic, Delphi, FoxPro, dll




o   Perangkat Lunak Games
Perangkat lunak ini pastilah kita sudah kita ketahui, yaitu suatu program aplikasi yang dibuat khusus sebagai aplikasi permainan dengan berbagai tingkat kesulitan 



BAB III
SEJARAH PERANGKAT LUNAK PERANGKAT LUNAK SEBELUM  KOMPUTER GENERASI PERTAMA

A.    Sejarah Perangkat Lunak
1.      300 SM. Sistem Kode yang Pertama
Bangsa Yunani menggunakan sinyal obor untuk mengirimkan berita dari satu kota ke kota lain. Untuk masing-masing stasiun didirikan dua buah tembok setinggi 6 kaki dan masing-masing mempunyai 5 obor. Kombinasi obor yang ada di tembok pertama dengan yang ada di tembok kedua membentuk suatu huruf. Tiap stasiun mempunyai tabel berbentuk matriks 5 baris 5 kolom. Tembok di sebelah kanan mewakili baris dan tembok di sebelah kiri mewakili kolom. Perpotongan antara baris dan kolom membentuk kode huruf yang dimaksud. Sistem ini disebut dengan polybius telegraph.

2.      1842, Penulis Perangkat Lunak yang Pertama
Ada Augusta (1815 – 1852), anak perempuan dari seniman Lord Byron merupakan anak pertama  yang menulis perangkat lunak yang diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine. Nama Ada sekarang diabadikan pada nama sebuah bahasa komputer yaitu ADA. Pada tahun 1983 ADA merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika  Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.

3.      1933, Program Mekanik yang Pertama
Wallace J. Eckert (1902 – 1971) mengabungkan beberapa mesin akuntansi plong IBM yang berbeda. Untuk menjalankan mesin ini sebagai satu kesatuan, Wallace J. Eckert membuat suatu program mekanik yang mengontrolnya.

4.      1945, Kutu yang Pertama
Sewaktu mengembangkan komputer Harvard Mark II oleh tim yang dikepalai oleh Grace Hopper, suatu relay ditemukan rusak. Di dalam relay yang rusak ditemukan adanya sebuah bug (kutu) yang terjepit mati. Mulai saat itu bila komputer tidak bekerja atau suatu program komputer mengalami kesalahan, para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging.

B.     Perangkat Lunak Semasa Komputer Generasi Pertama
Pemograman pada komputer generasi pertama kebanyakan adalah ahli teknik dan ahli matematika yang tertarik menggunakan komputer untuk menyelesaikan permasalahan di bidangnya. Program yang dibuat dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya program tersebut sifatnya unik untuk suatu aplikasi tertentu dan tidak dapat digunakan untuk aplikasi yang lain.

C.    Sejarah Sistem Operasi Perangkat Lunak
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

v  Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

v  Generasi Kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
v  Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).


v  Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

D.    Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem operasi mengatur semua proses dari sistem komputer. Misalnya program aplikasi yang dibuat memerintahkan hasil dicetak di printer, maka proses yang melakukannya adalah operating sistem yang akan menghubungi printer untuk mencetak hasil tersebut.
·         1954, Sistem Operasi yang Pertama Kali
Sistem operasi (OS) pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1954 di General ch Laboratories untuk digunakan pada komputer IBM 701 kemudian pada tahun 1955 bekerja sama dengan North American Aviation menulis operating sistem untuk komputer IBM 704. OS yang dibuat antara tahun 1950 – 1960 terbatas penggunaannya yaitu hanya dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequential (urut) atau batchsaja dan biasanya dirancang untuk satu komputer saja
·         1960, Sistem Operasi untuk Komputer Mini yang Pertama Kali
Pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan dengan diproduksinya komputer mini. Sebelum tahun ini OS digunakan untuk komputer besar (mainframe). Pada bulan April 1964, IBM meperkenalkan OS yang disebut dengan OS/360 untuk semua seri komputer System 360
·         1969, UNIX
Pada tahun 1969, Ken Thompson dari Bell Laboratories menulis suatu OS yang disebut dengan UNIX yang diterapkan pada komputer PDP-7. Tahun 1973, UNIX dikembangkan dengan cara ditulis ulang dengan bahasa C sehingga merupakan OS pertama yang ditulis dengan high level language. UNIX pertama kali diterapkan di mini komputer dan mainframe komputer tetapi sekarang telah banyak digunakan di micro komputer.
·         1970, CP/M
CP/M (Control Program/Microprocessor) dibuat oleh perusahaan Digital Research. Pada tahun 1976 diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena popularitasnya dianggap standar untuk komputer mikro. Versi lain dari OS ini adalah CP/M-86, CP/M-PLUS, Personal CP/M, Concurent CP/M, MP/M, MP/M-86 dan PC/NET
·         1980, MS-DOS
MS-DOS (MicroSoft-Disk Operating System) dibuat oleh Microsoft Corporation di Bellevue Washington. Sejak IBM memilih MS-DOS untuk diterapkan pada IBM PC kemudian diberi nama IBM PC-DOS. OS lain yang dikembangkan diantaranya XENIX yang sebenarnya adalah UNIX versi Microsoft
·         1987, IBM OS/2
IBM OS/2 (International Business Machine Operating System/2) dibuat untuk mengatasi kekurangan dari MS-DOS dan IBM PC-DOS. OS ini dapat mengalamati memori diatas batas 640 Kilobyte. Selain itu dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host komputer
·         1983, WINDOWS
Windows menerapkan Graphical User Interface (GUI) dalam pelaksanaannya yang pertama kali dikembangkan oleh Xerox tahun 1970 pada pusat pengembangan Palo Alto Research. Microsoft sebagai pemilik merek dagang Windows mulai mengembangkan program ini tahun 1983.
Versi pertama dari Windows (1.01) dirilis tahun 1985, lalu pada tahun 1987 merilis Windows versi 2, Windows 3.0, Windows 3.1 (1992), Windows 95 dan sebagainya.
·         1991, LINUX
Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux. Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara bebas melalui Internet. Hasilnya, sejarah Linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui Internet. Dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem Linux telah bertumbuh dimana sudah mampu memasukkan banyak fungsi UNIX.

E.     Perkembangan Perangkat Lunak Aplikasi
Sejak beredarnya komputer personal, telah ribuan macam perangkat lunak untuk bermacam keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para pemakai komputer
o   1976, ELECTRIC PENCIL
Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata (word processor) yang diberi nama Electric Pencil. Program ini pada mulanya hanya untuk komputer mikro ALTAIR saja tetapi dikembangkan ke jenis mikro komputer lainnya dan untuk sejumlah alat cetak semuanya sampai 78 versi.
o   1979, WORDSTAR
John Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour Rubinstein yang dikenal dengan nama Word Star dan langsung sukses dipasaran dengan nama Micropo. Beberapa versi yang beredar diantaranya Word Star Rel. 3.4, Word Star Professional Release 4.0, Word Star 2000+ dan sebagainya
o   1979, APPLE WRITER
Apple Writer juga merupakan program paket pengolah kata yang laris terjual yang ditulis oleh Paul Lutus. Beliau merupakan programmer yang independent, tidak mau tergantung atau terikat dengan proyek orang lain.
o   1979, VISICALC
Pada tanggal 11 Mei 1979 West Coast Computer Faeri memperkenalkan paket program spread sheet pertama dengan nama VisiCalc (Visible Calculator) yang ditulis untuk komputer Apple. Paket ini mudah dijalankan dan banyak digunakan untuk analisa bisnis. Perangkat lunak ini dibuat oleh Daniel Bricklin dan Robert Frankston.
o   1981, Dbase II
Wayne Ratliff, ahli teknik NASA menulis suatu program aplikasi bisnis dengan nama Vulcan, tetapi tidak sukses. Sementara itu George Tate bekerja sama dengan Hal Lashlee menjalin kerjasama untuk memasarkan Vulcan dengan mengganti namanya menjadi DBase II yang dipasarkan tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton-Tate. Perangkat lunak ini merupakan paket DBMS (DataBase Management System) yang mempunyai bahasa tingkat tinggi.
o   1982, LOTUS 1-2-3
Merupakan suatu program paket yang berisi gabungan program-program spreadsheet, grafik dan kemampuan mendapatkan informasi. Dipromosikan pada akhir tahun 1982. LOTUS 1-2-3 ditulis oleh Mitchell Kapor dari Yale University tahun 1971
o   1983, MICROSOFT OFFICE
Microsoft Office adalah kumpulan program serta file lain yang bekerja bersama-sama. Versi standar dari Office mencakup empat aplikasi unggulan dari Microsoft, yaitu :
o   WORD
Pengolah kata lengkap yang dapat Anda gunakan untuk membuat surat, memo, laporan dan semua jenis dokumen lainnya
o   EXCEL
Program lembar kerja (spread sheet) yang memungkinkan Anda mengatur, menganalisis dan membuat grafik untuk informasi
o   POWERPOINT
Program grafik presentasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat slide, transparansi, overhead, handout dan catatan (note)
o   MAIL
Aplikasi surat menyurat yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima berita elektronik. Microsoft Office juga tersedia dalam versi professional yang mencakup ACCESS, yakni program relasional database yang berdaya guna.







You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images